3 Cara Mengatasi Windows Yang Lemot


Apa kalian pernah merasa ingin membanting, membuang PC kalian ketika merasa lemot?Itulah yang saya rasakan ketika pertama kali mengalaminya namun belum tahu cara mengatasinya.

Untuk itu saya akan membagikan pengalaman saya dalam mengatasi PC yang lemot,

1. Berhentikan Aplikasi Berjalan Yang Tidak Perlu

Ya ini adalah salah satu yang penting, terkadang ketika kita mempunyai perangkat baru, dan teralu asik menginstall ini itu, kita tidak memperhatikan apa saja yang telah kita install, mungkin banyak yang belum tahu, jika kita asal men-Download aplikasi lewat internet, bisa saja kita malah men-Download virus bukan aplikasi yang kita inginkan, dan Virus itu juga bisa jadi penyebab ke lemotan yang kalian alami, ada 2 cara untuk mencoba cara ini,

     I. Background Proses di Task Manager




  • Silahkan matikan proses yang tidak berguna di Task Manager kalian dengan cara, "Klik kanan pada Taskbar -> Task Manager". Lalu "End Process" yang sekiranya tidak perlu, apa sih yang tidak perlu? seperti Auto Update aplikasi, dan service lainnya.


     II. Aplikasi StartUp (Aplikasi yang berjalan otomatis ketika PC nyala)



  • Kebiasaan saat kita menginstall aplikasi berjenis Utility adalah kebanyakan mereka menset menjadi Auto StartUp, kalian dapat memeriksanya dengan cara "Run -> msconfig -> ke Tab StartUp -> UnCheck lah aplikasi yang tak perlu, atau bisa juga "Task Manager -> Tab StartUp" untuk pengguna Windows 8 keatas.

2. Matikan Aplikasi Bawaan Windows ( HANYA UNTUK WINDOWS 10)

Seperti di postingan saya sebelumnya tentang Cara menghemat penggunaan data di Windows 10 
aplikasi "Destroy Win10 Spying" ini juga dapat menghapus aplikasi bawaan Windows 10 sendiri, jika kalian buka StartMenu pasti kalian  akan merasakan loading yang agak lama dikarenakan banyak icon bergerak dan membutuhkan internet di pin bar.

Untuk itu jika kita menggunakan aplikasi ini, bukan hanya aplikasi bawaan, tapi icon di StartMenu yang mengganggu dan beberapa service pun dapat di hapuskan, Jika kalian ingin langsung men-Download, bisa dengan klik Disini.

3. Mengubah Tampilan Windows Seperti Windows XP / Basic

Menurut saya ini adalah final cara untuk mengatasi Windows yang Lemot, memangnya apa sih yang  membuat Windows lag sampai kita harus mengubah tampilannya?Yang pertama perlu kita ingat adalah ini bukan hanya sekedar mengubah seperti theme, melainkan ini adalah kustomisasi dr sistem operasi ini sendiri untuk lebih mengedepankan performa.

Karena jika kalian sadar, ketika kita berpindah Tab, ada efek animasi yang berjalan yaitu Fade-in dan Fade-Out, itu adalah contoh kecil kenapa bisa membuat PC kita lemot, apalagi jika PC kita mempunyai Spesifikasi yang Pas Pasan, Oke langsung saja caranya,

1. Buka My Computer
2. Klik kanan dan Klik Properties
3. Klik Advanced System Settings
4. Pada menu Performances, Klik Settings
5. Klik Adjust for Best Performance seperti di gambar ini



Kalian bisa lihat perbedaannya dengan mencoba opsi pertama/kedua dan opsi ketiga, Ketika kalian memilih opsi ketiga, jangan mengeluh tetap lemot. Itu bukan lemot, melainkan kasar, dikarenakan semua efek animasi transisinya dihilangkan.

4. Melakukan Optimalisasi

Optimalisasi yang saya maksud disini adalah banyak hal nya yaitu :
  1. Melakukan Defragmentasi dengan aplikasi Disk Defragmenter (Defrag Full Drive ya)
  2. Clear cache dan file sampah dengan App Utility Contohnya CCLeaner
  3. Melakukan Full Scan Antivirus untuk mencegah adanya Virus
Ya itu saja yang dapat saya sampaikan, apabila ada yang kurang dimengerti silahkan bertanya
Selamat Mencoba ~

Related Posts:

0 Response to "3 Cara Mengatasi Windows Yang Lemot"

Post a Comment